Daftar Objek Wisata Di Indramayu Yang Terkenal

Daftar Objek Wisata Di Indramayu Yang Terkenal

Daftar Objek Wisata Di IndramayuInilah tempat wisata Indramayu. Yang populer dan sering di kunjungi. Jangan anda lewatkan Daftar Objek Wisata Di Indramayu dan 12 objek wisata yang unik.

Kabupaten Indramayu memiliki julukan sebagai “Kota Mangga” ini tentunya Namun tahukah anda tempat wisata yang ada di Indramayu. Bagi anda yang belum mengetahuinya berikut Daftar Objek Wisata Di Indramayu Yang Terkenal dan jangan anda lewatkan. Tempat wisata di Indramayu yang populer dan sering di kunjungi oleh wisatawan.

 

Pantai Karang Song ( Hutan Mangrove ).

hutan mangrove dan pantai karangsong indramayuPantai ini bukan hanya menyuguhkan pantai pemandangan laut saja. Pengunjung dapat berkeliling hutan bakau dan hutan mangrove yang tumbuh subur di pesisir pantai ini. Sangat jarang ada pantai satu lokasi dengan berwisata di hutan mangrove. Kalau di Trenggalek ada Pancer Cengkrong. Maka di Indramayu terkenal dengan Pantai Karangsong dan hutan mangrove. Pantai ini terletak di desa Karangsong, kecamatan dan kab. Indramayu. Jika ingin menikmati wisata yang berbeda di Indramayu anda bisa mengunjungi pantai karangsong yang terletak di Kecamatan Indramayu, disini terdapat kawasan konservasi hutan mangrove yang bisa anda jelajahi dengan menggunakan perahu dan jalan kaki.

Pantai Tirtamaya.

pantai tirtamaya indramayuTirtamaya adalah salah satu destinasi dari Daftar Objek Wisata Di Indramayu. Dan pantai ini yang selalu di padati oleh pengunjung saat liburan hari-hari besar. Lokasinya terletak di tepi jalan raya Indramayu-Cirebon. Tepatnya di Kecamatan Juntinyuat atau sekitar 16 km dari pusat kota. Selain tempat pemandian air laut yang aman. Memiliki panorama pemandangan yang indah, terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari. Ini dia salah satu pantai yang indah dan wajib dikunjungi di tirtamaya indramayu /Tirtamaya Beach  Jawa Barat.

 

Taman Banjar.

taman banjar indramayuDimana lokasi Obyek Wisata Situs Buyut Banjar di Jatibarang Indramayu Jawa Barat. Seperti yang tertulis di atas lokasi Obyek Wisata Situs Buyut Banjar di Jatibarang Indramayu Jawa Barat. Terletak di desa bulak kidul, Kecamatan jatibarang , Kabupaten indramayu, Provinsi jawa barat. Taman Banjar adalah wisata alternatif lainnya yang bisa anda sambangi di Indramayu. Karena tempat yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri dengan adanya koloni kera. Konon selalu berjumlah 41 ekor sejak zaman dahulu.  Obyek Wisata Situs Buyut Banjar di Jatibarang Indramayu Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota indramayu tidak mengunjungi wisata sejarah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Pantai Bolang Indah.

pantai balong indah indramayuPantai di Indramayu memang belum di kenal oleh orang dan popularitas keindahan pantai utara belum dapat di samakan dengan pantai selatan. Tapi di jalur pantura ini ada banyak obyek wisata pantai yang cantik dan menakjubkan. Salah satu diantaranya yakni Pantai Balongan Indah serta Pantai Tirtamaya di Indramayu. Pantai Balongan Indah juga tidak kalah menariknya dengan pantai – pantai selatan. Meskipun tidak sebagus pantai selatan, Pantai Balongan bisa menjadi alternatif anda untuk menikmati wisata di Indramayu. Pantai Balongan Indah berada di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat. Seperti namanya, Pantai Balongan Indah menyuguhkan pemandangan alam bahari yang begitu indah.

Situ Bolang.

situ bolang indramayuSitu bolang yang terletak di desa Jatisura Kecamatan Cikedung sekitar 20 km dari kota Indramayu. Daftar Objek Wisata Di Indramayu Ini memiliki nuansa pedesaan yang sangat kental dengan pemandangan persawahan dan ternak. Dengan tumbuhnya pohon mangga yang rindang disekeliling Situ Bolang, memberikan suasana yang nyaman. Anda dapat melakukan aktivitas, seperti memancing, berkemah, dan juga melakukan rekreasi air. Konon ceritanya dahulu situ bolang ini angker. Dan karena sangat angkernya burung yang terbang di atas tunggak jati ini tentu jatuh, atau bila ada kambing mendekat di pastikan hilang. Ada yang mengaitkan dengan istananya Panglima Kalasrenggi dari Pulomas. Serta ada pula yang menyampaikan sebagai markas besarnya siluman ular lembu.

Pulau Biawak.

pulau biawak indramayuPulau BiawakMerupakan objek wisata bahari dengan taman laut. Terdapat ikan hias dan terumbu karang yang masih asri. Dan merupakan surga bagi para pecinta olahraga menyelam. Pulau Biawak juga memiliki pasir putih dan hutan bakau. Dan budi daya rumput laut, serta sebuah mercusuar yang dibangun pada tahun 1872 oleh ZM. Willem yang memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa aktvitas rekreasi yang dapat anda lakukan di Pulau ini antara lain: menyelam, snorkeling, memancing dan wisata petualangan. Pulau biawak memiliki luas sekitar 120 Ha, yang terletak 40 km dari daratan di sebelah utara Indramayu. Dan dapat dijangkau menggunakan perahu nelayan. Walaupun letaknya berada di paling barat dari Pulau Jawa. Namun salah satu dari  Daftar Objek Wisata Di Indramayu ini rupanya memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya dari pulau lain.

Situ Bojongsari.

situ bojongsari indramayuSitu Bojongsari merupakan sebuah situ yang memiliki luas permukaan air sekitar 6 Ha. Aktivitas hiburan yang dapat anda lakukan di tempat ini antara lain: memancing, berkemah. Selain itu, anda juga dapat melakukan rekreasi air seperti sepeda air, perahu wisata serta olahraga dayung. Situ Bojongsari terletak di desa Bojongsari sekitar 2 Km dari pusat kota Indramayu. Untuk yang tengah bingung mencari tempat liburan jadi waterboom indramayu ini dapat jadi pilihan menarik. Terlebih bila ke sana berbarengan keluarga atau kerabat. Pastinya akan makin bikin liburanmu mengasyikkan. Hingga rasa capek sesudah melakukan kesibukan harian yang melelahkan bakal hilang.

Pantai Eretan.

wisata pantai eretan di indramayuPantai ini termasuk juga loh dari Daftar Objek Wisata Di Indramayu. Dan sangat cocok untuk tempat peristirahatan untuk sejenak melepas lelah bagi anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta atau pulang ke Jakarta. Sepanjang pantai ditumbuhi oleh hitan mangrove yang rindang dan selain itu terdapat banyak restoran dan rumah makan yang siap menyajikan aneka hidangan iklan laut segar. Pantai ini terletak di daerah kandanghau, sekitar 39 km dari kota Indramayu.

 

Masjid Kuno Bondan Indramayu.

Masjid Kuno Bondan IndramayuMasjid Bondan yang berlokasi di Kampung Bondan Barat (dahulu Blok Sapuangin). Desa Bondan. Kecamatan Sukagumiwang. Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Ini mempunyai kisah yang unik tentang legenda pendiriannya. Salah satu masjid tertua di Indramayu berada di Blok Bondan Barat Desa Bondan (dahulu bernama Blok Sapuangin) Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Untuk menuju ke lokasi ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena masyarakat sekitar sudah mengetahui ada peninggalan masjid yang sudah berusia ratusan tahun. Wisata ziarah di Indramayu yang disebut Mesjid Kuno Darussyajidin ini ada di Desa Bondan, Kertasemaya. Dan berdiri 1414 H ini merupakan hasil musyawarah Syekh Datuk Khafi dengan masyarakat Bondan.

Makam Raden Arya Wiralodra.

Makam Raden Arya Wiralodra.Wisata Indramayu di Blok Karangbaru, Desa Sindang. Ia adalah putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Banyuurip, Bagelen, Jateng. Yang membuka hutan di barat sungai Cimanuk, cikal bakal Indramayu. Raden Bagus Arya Wiralodra menurut sejarah Indramayu merupakan sosok pendiri Indramayu. Beliau merupakan seorang anak dari penguasa Bagelen Jawa tengah yang bernama Singalodra. Masih menurut sejarah Indramayu, Wiralodra mendirikan dan kemudian menjadi penguasa di Indramayu setelah sebelumnya menduduki Cimanuk atas restu dari kesultanan Demak. Arya wiralodra dimakamkan di Blok Karangbaru, Desa Sindang, Kecamatan Sindang Kab Indramayu. Bagi para pembaca yang ingin mengunjung situs Makam Raden Arya Wiralodra sulit mencarinya maka patokannya adalah Gor singalodra. Atau Pengadilan agama Indramayu. Kuburan atau makam tersebut tepat di belakang Gor Singalodra.

Makam Buyut Tambi.

Makam Buyut Tambi.Kuburan Buyut Tambi terletak di Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Indramayu, yang berada di jalur jalan Jatibarang-Indramayu. Makam Buyut Tambi berada di bagian utara halaman. Makam tersebut ada pada kamar berdinding keramik. Pintu masuk berada di sisi selatan dalam keadaan terkunci yang bila dibuka harus sepengetahuan dan seijin Juru Kunci (Kuncen) karena sangat disakralkan. Di depan komplek makam buyut tambi merupakan tanah lapang. Gerbang untuk memasuki komplek makam berada di sisi timur terdiri dua jalan masuk. Gerbang utama berada di bagian selatan. Di bagian utara terdapat gerbang lainnya. Kedua gerbang tersebut berbentuk gapura koriagung (gapura beratap). Bagian atas terdapat hiasan kemuncak berjumlah empat. Dan untuk menghormati almarhum Buyut Tambi, dinamakanlah desa itu sebagai Desa Tambi.

Makam Pangeran Selawe.

Makam Pangeran Selawe.Situs makam ini diberi nama Makam Selawe. Karena Selawe dalam bahasa Jawa artinya dua puluh lima. Makam yang terletak di Desa Sindang Indramayu ini jumlahnya ada dua puluh lima makam dan masih terawat dengan rapih. Daftar Objek Wisata Di Indramayu ini merupakan Wisata Indramayu berupa ziarah makam yang berada di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang. Komplek makam ini ada pada sebidang tanah seluas 320 m2, berpagar tembok 20 x 16 m dengan tinggi 1,5 m. Makam ini terdiri dari petilasan Nyi Endang Darma, Pangeran Guru dan 23 murid Pangeran Guru dari Palembang. Nyi Endang Darma merupakan wanita cantik jelita yang sangat sakti mandraguna. Dan banyak dikagumi oleh para kaum hawa saat itu termasuk Raden Bagus Aria Wiralodra pendiri Indramayu.

Seperti itulah beragam tempat wisata di indramayu. Baik wisata pantai, ziarah, sejarah serta beberapa situ yang unik. Jika anda main ke indramayu anda akan rugi jika melewatkan beragam Daftar Objek Wisata Di Indramayu ini.

1 thought on “Daftar Objek Wisata Di Indramayu Yang Terkenal”

Leave a Comment