Tahu Gejrot Jajanan Kuliner Khas Cirebon

Tahu Gejrot Jajanan Kuliner Khas Cirebon

tahu gejrotTahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu ini terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah.

Yang bumbunya cabe. Bawang putih. Bawang merah. Gula. Biasanya disajikan di layah kecil. Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Karena sensasi rasanya yang khas. Kuliner ini ialah tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaruh di atas piring kecil dan tahu yang digunakan ialah tahu sumedang.

Cara memakannya pun unik. Yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong itu. Saat ini makanan tersebut telah menyebar ke seluruh Indonesia seperti Jakarta, Malang, Depok, Surabaya. Dan beberapa tempat di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

CARA MEMBUAT TAHU GEJROT

Tahu adalah salah satu jenis bahan makanan yang dapat diolah. Dan bisa menjadi berbagai macam jenis masakan yang enak dan sedap. Tahu gejrot merupakan makanan yang berasal dari daerah Cirebon. Makanan ini memiliki citarasa yang khas yaitu memiliki rasa manis dari gula merah. Tahu gejrot biasa nya di sajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran air. Seperti bawang merah, gula merah, garam dan juga bahan pelengkap lain nya. Untuk dapat menikmati tahu gejrot anda tidak harus jauh-jauh datang kekota Cirebon. Karena makanan ini sangat mudah untuk kita buat sendiri. Penasaran dengan tahu gejrot yang enak..? Berikut adalah resepnya.

Bahan dan cara membuat Tahu Gejrot Cirebon  :

  • 25 buah tahu sumedang siap pakai
  • 300 ml air
  • 60 ml kecap manis
  • 35 gr gula merah
  • 5 sendok makan air asam jawa
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabe rawit hijau ( atau sesuai selera )
  • garam secukupnya

Cara Membuat Tahu Gejrot :

  1. potong-potong tahu sumedang yang sudah siap pakai dengan ukuran sesuai selera
  2. campur bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam dan gula merah dalam satu wadah ( cobek ) lalu diulek kasar
  3. tuang air lalu tambahkan kecap manis dan air asam jawa kedalam bumbu yang diulek, aduk rata hingga menjadi kuah yang sedap
  4. masukkan potongan tahu kedalam kuah yang sudah dibuat, aduk sampai semua tahu tercampur rata dengan kuah
  5. tahu gejrot khas cirebon siap dihidangkan dan siap untuk dinikmati

Leave a Comment